Bagaimana Menyeimbangkan Otak Kiri - Otak Kanan?

Tanya:
Beberapa STIFIn’ers menanyakan tentang keseimbangan otak kiri-kanan. Bila ia otak kanan, muncul pertanyaan bagaimana untuk menyeimbangkan dengan otak kiri?
 
Jawab:
Struktur kepala pada setiap orang sudah yang terbaik.  Tinggal perlu diketahui mana yang paling aktif berperan (sebagai sistem operasi).  

Jika yang paling aktif berada di sebelah kiri, justru alokasikan investasi besar-besaran di sebelah kiri, biarkan yang sebelah kanan berkembang secara alamiah.  Artinya tidak perlu sampai mengeluarkan uang untuk mengkursuskan yang sebelah kanan. 

Tapi jika sekedar exercise olahraga menyeimbangkan belahan otak kan tidak mengeluarkan uang, atau program-program lainnya yang tdk mengeluarkan uang oke-oke saja dilakukan.
 
Penting untuk difahami bahwa kerja otak sangatlah terintegrasi.  Jika pada orang T, otak kirinya dilatih dengan baik maka hasil latihan otak kiri tersebut akan menjalar pengaruhnya ke seluruh belahan otak lainnya. 
Persentase menjalarnya jauh lebih tinggi jika orang T dilatih selain otak kirinya maka hasil latihan cenderung terbatas, baik pada otak yang dilatih ataupun pada jenis otak yang lain.  

Mengapa hal ini terjadi? Karena hanya sistem operasilah yg memiliki daya jalar yang lebih baik untuk mempengaruhi belahan otak lainnya. Keseimbangan otak pada peringkat tertentu akan terjadi dengan sendirinya jika sistem operasi yang diintensifkan. Peringkat keseimbangan tersebut hanya sebatas agar belahan otak lainnya dapat menyokong kerja sistem operasi, bukan sampai pada peringkat sama besar dengan sistem operasi.

Comments

Popular posts from this blog

e-Novel: Lentera Putih

Manfaat STIFIn bagi Pelaku MLM

Papa, Mama Pilih Kasih, sih?